top of page
Search
  • henazhang98

Teknik dasar Main Basket

Olahraga Basket merupakan salah satu olahraga yang paling pesat pertumbuhannya di Indonesia. Olahraga ini memiliki banyak manfaat antara lain. Membakar kalori hingga 630-750/jam, Melatih keseimbangan dan koordinasi dalam tubuh, Menambah daya tahan tubuh, Meningkatkan konsentrasi dan disiplin, Membentuk otot, dan tentunya olahraga ini telah menjadi populer di kalangan para wanita yang mengidolakan para pemain basket yang mengerti tentang Teknik dasar Main Basket.



Permainan Bola basket merupakan suatu permainan yang dimainkan dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain. Inti dari permainan ini yaitu berusaha mencari nilai ataupun angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke keranjang (basket) lawan. Dalam memainkan bola, pemain bisa mendorong bola, memukul bola menggunakan telapak tangan terbuka, melemparkan atau menggiring bola ke segala penjuru dalam arena permainan.



Sebelum melakukan praktik permainan bola basket, harus mengetahui tentang Teknik dasar Main Basket


  1. 1 Passing and Catching

  • Chest pass - Operan ini dilakukan pada saat posisi bola di dada.

  • Bounce pass - Operan ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai.

  • Overhead pass - Operan ini dilakukan dengan posisi tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

  • Baseball pass - Operan ini dilakukan dengan cara posisi bola diatas atau di belakang kepala

  • Behind back Pass - Melempar bola dengan cara posisi bola ada di belakang punggung tujuannya agar lawan tidak mengetahui sasaran yang dituju.

  • Under pass - Teknin ini dilakukan dengan cara mengoper bola pada jarak sepinggang dan diarahkan lurus kepada penerima.


  1. 2 Teknik Dribbling

  • Teknik Dribble Change of Pace Dribble - teknik ini dilakukan dengan kedua tangan kanan dan kiri.

  • Teknik Dribble Low or Control Dribble - Pada teknik ini dilakukan dengan mengatur tempo permainan dan penguasaan bola yang baik.

  • Teknik Dribble High or Speed Dribble - Pada teknik ini digunakan ketika melakukan counter attack (Serangan balik)

  • Teknik Dribble Crossover dribble - Pada teknik ini dilakukan dengan posisi menyilang. Hal ini dilakukan untuk mengecoh pergerakan lawan dengan mengarahkan bola menyilang sehingga pemain lawan sulit menebak pergerakan kita saat membawa bola.

  • Teknik Dribble Behind the back dribble. Ini adalah salah satu teknik dasar bola basket yang menarik. Pada teknik ini dilakukan dengan menempatkan bola dibelakang kita. Hal ini juga bertujuan agar bola tidak bisa direbut oleh pemain lawan.

  • Teknik Dribble Between the legs dribble. Pada teknik bola basket ini dilakukan ketika menggiring dengan menenmpatkan bola di depan kaki.

  • Teknik Dribble Spin dribble. Ini merupakan teknik dasar bola basket yang memerlukan skill khusus dengan melakukan latihan secara rutin supaya bola yang kita dribble tidak bergerak secara liar.


  1. 3 Pivot

Kalau teknik yang satu ini, cocok dipakai untuk mengelabui lawan . Pivot adalah sebuah teknik memutar badan yang bertumpu pada kaki sebagai poros. Saat melakukan pivot, kalian harus menjaga bola dengan kuat agar tidak direbut lawan, kalian dapat menggunakan badan kalian untuk menjaga bola tesebut.


  1. 4 Shooting

Shooting adalah cara untuk melemparkan atau memasukkan bola basket ke ring basket. Ketika bola berhasil masuk ke ring basket, maka tim yang berhasil memasukkan bola tersebut akan mendapatkan poin

  • Free throw - Dalam melakukan lemparan ini, kalian harus berdiri dengan dua kaki sejajar dengan bahu, pada saat ingin menembak tekuklah lutu kalian sedikit dan lepaskan bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

  • Jump Shot - Posisi yang diambil hampir sama dengan free throw. Namun, saat shooting akan dilakukan, kalian harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan.

  • Lay up - Teknik shooting ini dilakukan dari arah samping kiri maupun kanan. Kunci utama dalam lay-up ini adalah ketepatan kaki. Sebab, lay-up hanya dilakukan dalam tiga hitungan. Hitungan pertama adalah mengarahkan kaki belakang ke arah depan kaki tumpuan dengan gerakan melompat. Pada hitungan kedua dan ketiga, kaki tumpuan akan melompat ke arah depan sambil melemparkan bola dengan satu tangan. Yang perlu diingat, saat melakukan lay-up tidak boleh lebih dari dua langkah, karena akan dianggap pelanggaran travelling

  • Slam Dunk - Slam dunk merupakan gerakan untuk memasukkan bola basket ke ring dengan tubuh yang melayang. Gerakan slam dunk secara teknik yaitu improvisasi dari gerakan shooting.


  1. 5 Rebound

Rebound adalah gerakan mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring. Defensive Rebound adalah teknik merebut kembali bola yang gagal dimasukkan oleh lawan. Sedangkan Offensive Rebound adalah memasukkan kembali bola yang gagal dimasukkan teman ke ring lawan.


  1. 6 Defense

Tujuan dari defense adalah untuk mencegah lawan mencetak poin.

  • Standar Defense - Bertujuan untuk mengarahkan lawan ke arah samping dan mengikuti gerak lawan.

  • Deny Defense - Berusaha menjaga lawan yang tidak membawa bola dengan menutup passing line dari lawan.

  • Triangle Defense - Teknik ini berusaha merebut bola saat lawan sedang melakukan passing.

Sedangkan Team Defense terdiri dari : Zone defense, Man to Man, dan Fix Defend.


  1. 7 Screen

Yang terakhir adalah screen yakni gerakan pemain bola basket sebagai penyerang yang bertujuan membebaskan rekan setimnya dari hadangan lawan. Gerakan screen ini dilakukan dengan melakukan cara menutup arah pergerakan tim lawan yang bertujuan untuk menjaga teman satu timnya. Selanjutnya membuka ruang pergerakan yang diberikan pada teman satu timnya yaitu dengan memberikan jalan melalui pemain yang sedang melakukan screen itu.



Itulah penjelasan secara singkat tentang Teknik dasar Main Basket yang harus anda ketahui sebelum melakukan permainan basket secara langsung. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat untuk anda. terimakasih dan sehat selalu.




1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page